Cara Melaporkan Blog Atau Website Copas ke Google DMCA

Hari ini aku ingin berbagi pengalaman tentang menghadapi website tukang copy paste Artikel. Sejak pertama kali memutuskan untuk menyelami dunia blogging dan adsense, aku tahu ada resiko kalau sewaktu waktu artikel kita akan dicopy atau rewrite. Apalagi di luar sana banyak yang mencari duit dari web yang dibuild secara otomatis dengan bantuan bot dan mencomot artikel dari Feed blog orang lain.

Awalnya aku sih cuek cuek saja karena toh mereka yang copas, nanti pasti mereka yang kena penalti google. Dengan percaya diri, "Allow Blog Feed" pun aku atur "Full". Sebuah keputusan yang fatal akibatnya.

Sebelum sharing pengalaman, aku bahas dulu step by step pelaporan blog yang melanggar DMCA, 

Cara Melaporkan Artikel Blog Copy Paste

Pertama tama silahkan kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice.

Yang pertama kali diisi adalah "Contact Information", tulis saja data pribadi mu.

Langkah pertama Melaporkan blog copas
Selanjutnya adalah menjelaskan pelanggaran DMCA yang terjadi.

Ada tiga kolom, yang paling atas tulis detailnya misal "blog ini mengcopy 100% artikel dari website saya". Kolom tengah diisi dengan url artikel kita yang dicopas dan paling bawah diisi artikel si tukang copas.
Beri centang untuk memverifikasi.

Untuk bagian signature,
  • Signed on this date of diisi dengan tanggal pelaporan
  • Signature diisi dengan nama pelapor
  • Terakhir isi captcha dan klik Submit!

Beres, anda akan diarahkan ke https://www.google.com/webmasters/tools/legal-removal-dashboard. Sebaiknya bookmark alamat tsb untuk mengecek status pelaporan.

Tinggal menunggu google mengirimkan peringatan ke si email tukang copas. Semoga si tukang copas tobat dan kembali ke jalan yang lurus.
Pengalaman Menghadapi Blog Copas
Ini cerita tentang blog ku yang pertama kali menghasilkan dollar. Ku bangun di akhir 2015 dengan domain dot xyz gratisan dari hostinger, sebut saja namanya "www.agusternak.xyz". Aku membuat blog ini tanpa modal beli domain dan hosting karena pake blogspot dan domain gratisan.

Blog ini mencapai puncak kejayaan di akhir 2016/ awal 2017 sebelum aku memutuskan mencoba peruntungan di crypto. Saat itu bisa nembus 15.000 pv/day dan hasil tiap bulannya lumanyun.

Karena kurang kasih sayang, makin lama blog ini makin turun pengunjungnya. Di 2018 saja kira kira tinggal 5000 uv/day, turunnya sih perlahan jadi aku berkesimpulan ini akibat jarang update artikel dan algoritma google.

Di akhir 2018, tiba tiba blog ini visitornya drop dan makin drop terus. Terakhir di awal maret 2019, visitor hanya 300-an saja, dropnya gila gilaan jika dibandingkan blog ku yang lain. Mulanya ku kira ini efek Google Update Florida 2.0.

Iseng mengecek posisi beberapa artikel yang dulu jadi penyumbang visitor terbesar. Owwwh, page one sekarang diduduki authority site. Ok fine, wajar karena ini memang efek dari google update Medic.

Cek lagi artikel dengan kata kunci yang masih jarang sikat orang, hasilnya mengejutkan. Ada website bernama "masihagusternak.blogspot.com" dan ternyata semua artikel web ini diambil dari website ku. Dari url pun sudah keliatan kalau pembuat blog tsb menargetkan "agusternak.xyz".

Artikel dari "masihagusternak.blogspot.com" ada page one posisi 2 sedangkan artikel dari website ku tidak keliatan bahkan di page 10. Blog copas ini dibangun sekitar Juli- Agustus. Artikelnya persis namun tanpa gambar, heading, bold atau bullet and numbering. Kemungkinan dibangun oleh bot. Total ada lebih dari 50 artikel yang dicopy paste 100%.

Mungkinkah blogku yang kena penalti google karena dianggap duplikat konten? Dia yang copas kok aku ya kena hukuman, google oh google.

Tak hanya diam ku putuskan untuk melaporkan si tukang copas ke google DMCA. Isi dari pengaduanku menjelaskan kalau blog masihagusternak.blogspot.com ini mengambil artikel dari agusternak.xyz. Sebagai bukti ku lampirkan 2 url sebagai contoh.

Kirim pengaduan tanggal xx Maret 2019 malam, seminggu kemudian artikel yang kulaporkan sudah menghilang dari blog copas tersebut (not found 404). Di pencarian google pun sudah tidak muncul

"In response to a complaint that we received under the US Digital Millennium Copyright Act, we have removed 1 result(s) from this page. If you wish, you may read the DMCA complaint that caused the removal(s) at LumenDatabase.org. "

Mantap google DMCA.

Langsung cek si blog copas dan ternyata google tidak langsung menyikat blog tersebut. Kemungkinan hanya menyuruh menghapus kedua artikel yang ku laporkan. Heran padahal semua konten dari blog tersebut copas dari blogku.

Akhirnya mau tidak mau harus melaporkan lagi dan kali ini semuanya. Lumayan cape juga ambil url dari artikel blog copas tsb, navigasinya dibikin ribet seolah disengaja agar kita susah melaporkan.

Total ku kirim bukti 50+ url dan seminggu kemudian hasilnya ditolak dengan alasan kurang detail.

Tak putus asa, kita ikuti saja maunya google. Aku harus kirim url dalam beberapa grup pelanggaran, Pada contoh dijelaskan kalau 1 grup itu 3 url dan dalam satu laporan itu mentok hanya 10 grup. Jadi kirimkan 2 laporan masing masing 30 dan 20an.

Sekitar 6 hari kemudian, semua artikel yang kulaporkan telah hilang namun blognya masih ada. Kenapa google tidak menghapus blog tsb. Ada sisa satu artikel dan blog tsb masih terindex di mesin pencarian.

Apakah sistem google DMCA ini dikerjakan oleh BOT? Kalau orang asli harusnya dia tahu kalau blog copas tsb sengaja dibuat untuk menampung hasil dari blog ku, bahkan titlenya sama "Agus Ternak". Seharusnya google punya kewenangan menghapus masihagusternak karena blog ini dibuat dengan blogspot.

Aku cek lagi kata kunci yang kusebutkan di atas, kini artikel dari blogku ada di page 1 kembali. Awal yang bagus namun trafik masih jauh dari harapan.

Setelah semua laporan kelar, aku merenung sejenak kenapa blog ku yang kena penalti?

Ada satu kemungkinan yaitu "ganti template sekaligus meta data". Ya. sekitar Agustus aku memang mengganti template gratisan ke premium.

Bisa saja bot google mengganggap blog ku ini blog baru karena meta datanya ganti. Pengalaman ini mengajarkan kita agar tidak sering sering menganti template, kalaupun ganti sebaiknya pake meta data lama.

Aku mengecek beberapa artikel yang dulu menyumbang traffik gede, ku temukan banyak sekali web yang mengcopy artikel tanpa edit sedikitpun. Sebaiknya dilaporkan semua? Rata rata blogspot sih harusnya bisa terhapus oleh Google DMCA.
Update Mei 2019, tidak ada perubahan trafik. sekarang muncul lagi blog yang ambil konten website www.agusternak.xyz. Kali ini tidak 100% copas tapi sedikit di spin (beberapa kata diganti sinonim), hebatnya posisi web tersebut selalu lebih baik. 

Aku lelah!
Itulah sedikit cerita tentang Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA. Dari pengalaman di atas, bisa disimpulkan bahwa kita harus melaporkan semua pelanggaran satu per satu hingga semua konten copy pasti hilang dari mesin pencarian. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Terima kasih banyak atas kunjungannya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Melaporkan Blog Atau Website Copas ke Google DMCA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel